Sunday, November 6, 2011

Berharap Berkah dari Tradisi Gentong Haji


Foto : Istimewa

Ada sebuah tradisi menarik dari masyarakat Desa Buyut kecamatan Gunung Jati Cirebon, setiap musim haji tiba (Lebaran Idul Adha), Yaitu tradisi gentong haji.
 
Dimana masyarakat  yang terdapat anggota keluarganya berangkat haji, menyediakan sebuah gentong berisi air minum di depan rumahnya. Biasanya gentong tersebut dihiasi oleh daun pandan dan ditutup dengan kukusan anyaman bambu berbentuk kerucut.

Warga di sana percaya, jika menyediakan gentong haji di depan rumah, maka keluarga atau kerabat yang sedang beribadah haji akan merasa damai di sana, sedangkan bagi yang meminumnya atau membasuh muka dengan air dari gentong tersebut, akan segera mendapatkan panggilan untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima, yaitu beribadah haji ke tanah suci.

Siapapun diperkenankan untuk mengambil air dari gentong haji tersebut, karena itu gentong haji kerap menjadi rebutan bagi warga yang lewat, bahkan ada yang sengaja memburunya untuk mendapat air dari gentong haji, dengan harapan akan dikarunai rezeki untuk dapat menunaikan ibadah haji di tanah suci. (ysg)

No comments:

Post a Comment