Friday, May 20, 2011

Sejuknya Air Terjun Curug Ciputri


Jenuh dengan penatnya suasana kota yang panas? Tidak ada salahnya jika kita mengunjungi Curug Ciputri sebagai penawar penat.

Di kaki Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Cisantana Kecamatan Cigugur, terdapat kawasan hutan pinus yang selain dijadikan sebagai lokasi Bumi Perkemahan (Buper) juga menjadi salah satu obyek tujuan wisata di Kuningan. Letaknya yang persis di kaki Gunung Ciremai, selain memiliki panorama hutan pinus yang indah dan udaranya yang sejuk, juga terdapat keindahan lain, yaitu sebuah air terjun yang bernama Curug Ciputri, curug ini terletak di bawah Buper Palutungan. Dinamakan Curug Ciputri karena konon, menurut legenda masyarakat setempat, di sana bersemayam seorang putri cantik yang menjaga air terjun tersebut.

Untuk menuju kesana kita harus melalui jalan setapak yang menurun dan berundak-undak dengan tumbuhan dan semak-semak di kiri kanannya. Suasana sejuk dan dingin telah terasa begitu kita menapaki jalan setapak tersebut, gemericik suara air terjun juga sudah terdengar mengiringi langkah kita. Jika musim hujan kita harus lebih berhati-hati saat berjalan menuju Curug Ciputri, karena jalan setapak yang kita lalui masih alami terbuat dari tanah, sehingga dapat menjadi licin saat terkena air hujan.

Curug yang hanya setinggi dua belas meter ini terdapat pada lembah yang tak begitu luas. Disana kita dapat menyaksikan indahnya air terjun yang dikelilingi oleh tebing-tebing yang menghijau karena ditumbuhi semak-semak. Di bawah air terjun Curug Ciputri, terbentuk genangan air jernih mirip kolam yang tidak terlalu luas, dalamnya pun hanya sekitar tiga puluh centimeter saja, dengan dihiasi bebatuan di dasarnya dan juga terdapat beberapa batu besar yang telah berlumut, sehingga menambah indah suasana di Curug Ciputri. Tebing-tebing tersebut juga sering digunakan sebagai ajang latihan bagi para pecinta alam untuk panjat tebing.

Saat hari minggu atau musim libur tiba, Buper Palutungan tak terkecuali Curug Ciputri sangat ramai dikunjungi wisatawan, mereka ada yang sekedar berkunjung ada juga yang berkemah di lokasi buper tersebut.

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Palutungan tanpa berpose di Curug Ciputri, karena itu jika kondisi sedang ramai, para pengunjung rela bergantian untuk mendapatkan foto dengan latar belakang air terjun. Keindahan Curug Ciputri juga sering diabadikan oleh calon pasangan pengantin sebagai bagian dari foto pre wedding mereka.

Tapi bagi yang bermaksud mencari ketenangan, bisa saja berkunjung ke Curug Ciputri lebih pagi atau selain pada hari libur, karena di saat-saat seperti itu selain suara kita, yang terdengar adalah suara gemericik air terjun yang menyejukkan hati. (ysg)

No comments:

Post a Comment