Saturday, October 15, 2011

Pepes Intip Tahu, Kuliner Lezat dari Sindang Laut


Satu lagi pesona kuliner Cirebon yang tidak kalah lezatnya, yaitu pepes intip tahu Sindang Laut. Seperti namanya, kuliner satu ini berasal dari daerah Sindang Laut, yaitu wilayah yang terletak sekitar 20 km ke arah timur dari Kota Cirebon

Pepes ini terbuat dari intip (kerak) tahu yang diramu dengan bumbu tertentu dan diberi potongan cabe rawit, sehingga memiliki rasa gurih, manis dan pedas, yang terasa bercampur di lidah saat memakannya.  pepes ini dikemas dengan menggunakan daun pisang dan dimasak dengan cara dibakar sehingga memiliki aroma khas yang harum dan lezat.

Pada awalnya pepes intip tahu hanyalah usaha sampingan dari para produsen tahu di sana,  yang memanfaat kerak tahu dari sisa produksi. Namun karena rasanya yang lezat, telah menjadikan pepes intip tahu sebagai usaha mandiri yang menjanjikan.

Sebelumnya pepes tahu hanya dapat kita peroleh di Sindang Laut saja, namun karena banyaknya peminat pepes intip tahu dari luar Sindang Laut, seperti dari kota Cirebon, maka saat ini pepes intip tahu juga dapat kita temui dengan mudah di beberapa tempat di kota Cirebon. Seperti di jalan Kesambi depan Dinas kesehatan di jalan Evakuasi depan STTC Cirebon, maupun dipelataran parkir Stadion Bima setiap hari Minggu. 



Harganya pun cukup murah, hanya dengan seribu rupiah kita sudah dapat menikmati sebungkus pepes intip tahu sindang laut yang lezat, baik sebagai kudapan maupun sebagai lauk untuk makan. (ysg)

No comments:

Post a Comment