Wednesday, August 17, 2011

Ngabuburit di Alun-alun Kejaksan Cirebon



Seperti tahun yang lalu, selama bulan puasa Alun-alun Kejaksan Cirebon di sulap menjadi pasar malam, tenda-tenda para pedagang berjajar rapih. Tidak saja hanya para pedagang makanan yang berjualan di sana tapi para pedagang pakaian dan aksesoris pun turut memeriahkan suasana bazar.

Menurut Fani, koordinator PKL untuk pedagang Pakaian dan Aksesoris, Bazar digelar selama bulan Ramadhan hingga H-3 sebelum lebaran, Kecuali pada tanggal 13 hingga 14 Agustus Bazar ditutup karena alun alun akan digunakan untuk Upacara Hari Pramuka dan Upacara Kemerdekaan RI. “Insya Allah, tanggal 18 Agustus kami sudah bisa berjualan lagi seperti biasa” tutur pria yang berjualan aksesoris ini menjelaskan.

Masyarakat biasanya mulai ramai mengunjungi Bazar Alun-alun Kejaksan sekitar  pukul 15.30 setelah sholat Ashar hingga pukul 20.00 saat sholat taraweh digelar di Masjid At Taqwa yang letaknya di samping Alun-alun Kejaksan tersebut.  Pada umumnya masyarakat datang kesana untuk berburu tajil (menu pembuka puasa) ataupun untuk membeli menu utama berbuka puasa. Karena di sana di jajakan berbagai macam menu penggugah selera dari kolak pisang hingga es campur, dari sambel asem hingga lumpia, dan dari empal gentong hingga nasi padang semua tersedia, tinggal kita memilihnya sesuai isi kantong dan selera kita.

Bagi yang ingin berburu baju baru untuk lebaran pun tidak usah khawatir, di Bazar Alun-alun kejaksan tersedia berbagai macam baju, mulai dari baju casual yang gaul hingga baju muslim yang modis.

Bukan hanya di Alun-alun Kejaksan saja, di pelataran Masjid At Taqwa juga berdiri tenda-tenda para pedagang yang menjajakan baju muslim dan buku-buku tentang Islam serta beberapa stand yang menjajakan menu berbuka puasa yang dapat dijadikan pilihan oleh para pengunjung untuk berbuka puasa di sana.

Bagi yang sekedar ingin berjalan-jalan saja atau ngabuburit, alun-alun kejaksan atau pelataran Masjid At taqwa juga bisa menjadi tempat yang asyik untuk bersantai sambil menunggu waktu berbuka. (ysg)

1 comment: