Monday, August 29, 2011

Manisnya Sirup Tjampolay



Selama bulan puasa, salah satu minuman yang diincar banyak orang adalah sirup, karena minuman yang satu ini selain rasanya yang manis juga dapat menyegarkan tenggorokan kita setelah seharian berpuasa. Bicara soal sirup, Cirebon memiliki andalannya sendiri, yaitu sirup cap buah tjampolay atau yang lebih dikenal dengan sirup Tjampolay.

Sirup tjampolay adalah sirup khas Cirebon yang telah diproduksi sejak tahun 1936, sirup Tjampolay terdiri dari berbagai macam rasa buah-buahan seperti melon, mangga gedong, jeruk nipis dan nanas bahkan rasa kopi moka pun ada.namun dari sekian banyak macam rasa tersebut yang menjadi favorit ialah rasa pisang susu. Karena selain rasa manisnya yang khas, warna sirupnya pun sangat menarik, yaitu merah jambu. Sehingga tampak manis untuk dicampur dengan berbagai macam aneka es, seperti es campur ataupun es kelapa misalnya.

Rasanya yang dinilai banyak orang cukup nikmat dan segar, menjadikan sirup Tjampolay rasa pisang susu ini banyak dijadikan sebagai buah tangan khas Cirebon. Siapa pun yang berburu oleh-oleh di kota udang ini, hampir dapat dipastikan melirik sirup Tjampolay sebagai salah satu pilihannya. Sirup Tjampolay kini dapat ditemui diberbagai tempat, mulai dari toko kelontong, mini market, toko pusat oleh-oleh, hingga super market dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu lima belas ribu rupiah perbotolnya. (ysg)

No comments:

Post a Comment