Friday, May 20, 2011

Asal usul kata “Bobad” (Bohong) dalam Bahasa Cirebon


Dalam bahasa Cirebon mengenal kata bobad yang dalam bahasa indonesia berarti bohong. Kata bobad dalam bahasa Jawa Cirebon ini tidak terdapat pada kosakata bahasa Jawa lainnya, baik di Jawa Tengah maupun di Jawa Timur.

Kata Bobad diambil dari sebuah peristiwa di masa lampau, yaitu Perang Bubat. Perang antara Majapahit dan Padjadjaran yang terjadi di daerah Bubat (Di Jawa Timur dekat Istana Trowulan Majapahit). Perang tersebut oleh sebagian besar masyarakat Jawa Barat (Sunda) dianggap sebagai sebuah kebohongan besar. Dimana rombongan kerajaan Padjadjaran yang akan berkunjung ke Ibu Kota Majapahit atas undangan Raja Majapahit, Baginda Raja Hayam Wuruk, dengan tujuan untuk menikahkan sang Putri Diah Pitaloka dengan raja Majapahit tersebut, diserang oleh tentara Majapahit secara mendadak. Sehingga seluruh rombongan Kerajaan Padjadjaran termasuk sang baginda dan putrinya tewas dalam peristiwa tersebut.

Rupanya peristiwa tersebut membekas di hati rakyat pasundan khususnya masyarakat Cirebon yang masih memiliki kekerabatan dengan Kerajaan Padjadjaran,  sehingga kata bubat masuk dalam bahasa sehari-hari masyarakat Cirebon menjadi kata Bobad untuk menggambarkan sebuah kebohongan. (ysg)

No comments:

Post a Comment