Tuesday, June 14, 2011

Hot-nya Nasi Jamblang Brekelle

“Nasi dua, tempe dua, sate kentang satu, sambal dua” itulah kalimat yang umumnya sering terdengar saat kita makan nasi jamblang, nasi khas Cirebon yang kemasannya menggunakan daun jati tersebut. Namun di Nasi Jamblang brekelle, yang mangkal di perempatan jalan, antara jalan Pandesan, Pekalangan dan jalan Kebon Cai ini. Kata “sambal” jarang sekali terdengar. Umumnya para pembeli menyebutnya dengan kata “brekelle”.

Brekelle adalah sambal yang berbahan dasar tempe dan cabe rawit yang di gerus menjadi satu. Sambal yang rasanya super pedas ini, tidak dapat kita temui di pedagang nasi jamblang manapun yang ada di kota Cirebon. Umumnya para pedagang nasi jamblang menggunakan cabai merah yang diolah menjadi sambal goreng.

Menu yang tidak biasa tersebut, justru membuat nasi jamblang brekelle, begitulah julukan para pelanggan, selalu ramai dikunjungi pembeli. Nasi jamblang yang biasa buka pukul enam petang tersebut, selalu kandas diserbu pembeli tak lebih dari dua jam sejak dibuka. Para pengunjung biasanya ramai berdatangan sekitar pukul tujuh malam, hingga membuat pedagangnya kuwalahan melayani semua pembeli.

Menurut pedagangnya, julukan sambal brekelle diberikan oleh para pelanggannya. Karena sambal yang rasanya super pedas itu dapat membuat lidah kita menjadi “kriting” saat menikmatinya. Rasanya yang super pedas juga dinilai sangat cocok disantap bersama nasi jamblang, yang umumnya berasa manis. Keunikan rasa inilah yang membuat nasi jamblang brekelle memiliki begitu banyak pelanggan tetap yang rela antri mendapat giliran tempat duduk, untuk menyantap si brekelle yang super hot tersebut.

Namun, walaupun rasanya super pedas, tidak membuat para pelanggannya gentar untuk menyantap brekelle yang dikemas dalam pincuk (bungkus) kecil, yang takarannya kurang lebih satu sendok makan ini. Bahkan ada juga pelanggan yang bisa menghabiskan sedikitnya empat bungkus sambal brekelle dalam satu porsi nasi jamblang yang ia santap.

Lokasi Nasi Jamblang Brekelle  di Perempatan Jl Pandesan-Jl Pekalangan 
Selain sambal yang super pedas, nasi jamblang brekelle juga memiliki andalan lain, yaitu tempe tepung yang super gurih dan renyah, yang membuat santapan nasi jamblang anda semakin meriah. Soal harga jangan khawatir. Rata-rata menu yang ada di nasi jamblang brekelle ini hanya seharga lima ratus rupiah. Porsi nasinya dalam satu bungkus daun jati juga tidak terlalu banyak, karena itu janganlah kaget jika satu orang dapat menghabiskan empat atau enam bungkus nasi dalam satu porsinya.

Jika anda tertarik untuk menikmatinya, datang saja ke Jl. Pekalangan antara pukul 18.00 s/d 18.30, karena saat itu jumlah pengunjung belum terlalu ramai, sehingga anda dapat menikmati lezatnya nasi jamblang brekelle yang super hot dengan leluasa. Tapi jika anda datang lebih dari jam tujuh malam, jangan harap anda masih dapat menjumpai menu nasi jamblang yang lengkap di sana. (ysg)

No comments:

Post a Comment