Saturday, June 11, 2011

Obat Nafsu Makan Paling Mujarab


Kesulitan membujuk anak kecil untuk mau makan, mungkin menjadi masalah bagi sebagian besar orang tua. Berbagai macam cara pasti akan ditempuh agar si buah hati  mau makan. Dari bercerita, mengajak si kecil ke tempat bermain favoritnya, hingga memberikannya obat nafsu makan paling super pun, akan diupayakan untuk memancing nafsu makan si kecil. Namun tidak jarang semua upaya kandas, karena si buah hati tetap enggan untuk makan.

Namun saat ini, para orang tua tidak usah terlalu khawatir, ada “obat” nafsu makan lain yang cukup mujarab untuk memacu nafsu makan si kecil. Yaitu odong-odong. Mainan yang disukai anak-anak ini sangat mudah ditemui di pemukiman-pemukiman penduduk, karena bentuk odong-odong yang mirip becak memudahkannya untuk berkeliling hingga ke pelosok pemukiman. 

Biasanya dalam satu buah odong-odong terdapat empat unit mainan yang bentuknya beraneka ragam dan bisa ditunggangi oleh anak-anak, ada yang berupa kuda-kudaan, motor, perahu hingga boneka Upin-Ipin dan Litle Khrisna. Odong-odong yang digerakkan secara manual dengan dikayuh ini, akan mengayun anak-anak dengan lembut, ditambah lagi iringan lagu anak-anak yang ceria, hingga mereka akan begitu menikmatinya. Tidak jarang anak-anakpun akan turut bernyanyi mengikuti alunan lagu yang diputar melauli kaset tersebut.
 
 Dalam kondisi seperti ini biasanya anak-anak tidak akan rewel lagi jika disuapi makan. Bahkan tidak jarang, anak yang biasanya sulit makan, saat bermain odong-odong mereka menjadi lahap makan, bahkan dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya.

Selain bergerilya di pemukiman penduduk, para penyedia jasa odong-odong juga dapat kita temui dengan mudah di tempat-tempat keramaian. Seperti pada hari minggu pagi di Alun-alun Kejaksan Cirebon, maupun di pelataran parkir Stadion Bima. di tempat-tempat tersebut, odong-odong menjadi buruan para ibu yang hendak menyuapi si buah hatinya


“Odong-odong memang obat makan paling mujarab!” Celetuk seorang ibu yang sedang menyuapi anaknya sambil bermain odong-odong di Bima, minggu pagi tadi. (ysg)

No comments:

Post a Comment