Monday, April 18, 2011

Legenda Pasukan Macan Penjaga Istana Pakungwati


Barusan saya kedatangan teman lama sewaktu di sekolah dasar dahulu. Sambil minum kopi kami pun bercerita tentang kenangan masa lalu. Salah satunya adalah cerita tentang seekor macan, yang berkeliaran di pemukiman-pemukiman penduduk saat malam tiba. Ada warga yang melihatnya langsung dan ada juga yang hanya menemukan jejaknya di pagi hari.

Pernah suatu waktu masyarakat mengejar dan mengepung seeokor macan yang masuk ke pemukiman, saat warga kehilangan macan tersebut, mereka hanya menemukan jejak-jejak kaki macan, namun ketika diikuti jejak tersebut berubah menjadi jejak kaki manusia.

Menurut cerita para orang tua, warga Cirebon kerap mengkaitkan cerita-cerita tersebut dengan legenda Pasukan Macan, yaitu pasukan yang di berikan oleh Prabu Siliwangi Raja Pajajaran kepada Cucunya Sunan Gunung Jati sebagai hadiah. Pasukan yang terdiri dari 12 orang tersebut berfungsi sebagai pasukan pengaman (semacam Paspampres saat ini). mereka ditugaskan untuk menjaga Istana Pakungwati (keraton Kasepuhan).

Sistem penjagaannya pun dibagi menjadi beberapa lingkaran/rink. Dalam istilah penjagaan Pasukan Macan disebut KW (tidak ada literature yang menjelaskan mengenai arti KW). Dimana masing-masing KW diisi oleh empat personil pasukan dengan posisi sesuai arah mata angin. Dengan Istana Pakungwati sebagai titik pusat pengamanannnya, karena itu semakin dekat dengan Istana semakin tinggi ilmu Pasukan Macan yang ditugaskan di KW tersebut.   

Pasukan Macan menggunakan seragam yang unik. Yaitu berupa kantung seukuran ibu jari yang disebut kantung macan. Cara memakainya adalah dengan memasukan kedua ibu jari ke kantung tersebut, kemudian dengan sendirinya kantong tersebut akan mengembang secara elastis mengikuti bentuk tubuh, hingga mirip seekor macan. Kantung macan harus dipakai pada suasana hening dengan sedikit penerangan. Pakaian tersebut memiliki kekuatan spiritual yang kadarnya tergantung pada kekuatan si pemakainya. Semakin sempurna ilmu yang dimiliki semakin sempurna pula bentuk pakaian macan tersebut. Konon tingkat tertinggi akan berwujud seperti macan sungguhan.

Saat ini diyakini masih terdapat Pasukan Macan yang setia menjaga Istana Pakungwati, namun jumlahnya tidak sebanyak dulu lagi. Berkurangnya jumlah personil Pasukan Macan ini dikarenakan beberapa sebab, seperti Personil Pasukan Macan meninggal saat menggunakan pakaian kantung macan, sehingga pakaian kantung macan turut sirna bersama meninggalnya orang tersebut. Kedua, berhentinya keturunan personil Pasukan Macan, karena  keberadaan pasukan ini diteruskan secara turun temurun. Penyebab  ketiga, menurut cerita warga, Kesultanan Kasupuhan pernah memberikan 1 KW (empat orang) Pasukan Macan kepada Kesultanan Brunai sebagai hadiah. (ysg)
 .
*) Informasi tulisan ditambahkan juga dari berbagai sumber

4 comments:

  1. keren ang,, ijin share link postingan yg ini d blog ane ya,,

    ane dah follow, so follow back please.. :) hehe

    http://cirebonmetro.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. wah salut buat Wong Cerbon...semoga budaya Khas Orang Cirebon bisa tetap lestari yah...!

    oh ya saya mau minta izin copas artikel ini...! soalnya saya sering mendengar dari para sesepuh cirebon tentang kehebatan Pasukan Macan Pakungwati ini...nah makanya saya pengen memasukkan artikel ini ke arsip blog saya...!

    mohon izinnya yah...!

    hatur nuhun kang...!

    Urang Sunda dan Wong Cerbon Bersaudara...! setuju ngga...?

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
    saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete