Saturday, April 16, 2011

Refreshing dengan Terapi Ikan

Ikan-ikan kecil itu bak ikan lapar, begitu kaki para pengunjung di celupkan ke dalam kolam, mereka langsung mengerumuninya. Mulutnya yang mungil memberikan gigitan-gigitan kecil, yang menimbulkan sensasi berbeda. Ada yang merasa seperti di pijat, ada pula yang merasa seperti mendapatkan cubitan. Tapi semua sependapat, gigitan ikan-ikan mungil tersebut dapat menghilangkan pegal-pegal.
 
Itulah ikan terapi atau yang pada awalnya di kenal dengan sebutan Fish doctor (Garra Rufa Obtusa), ikan asal turki ini diyakini mampu memberikan terapi dengan cara menggigiti sel-sel kulit mati, sehingga dapat membuat kulit kita jadi lebih bersih dan sehat. Ikan terapi dengan gigitan-gigitannya yang mungil dipercaya juga dapat memberikan efek pijat yang dapat menghilangkan pegal-pegal di bagian tubuh yang digigitinya.

Ikan terapi adalah ikan-ikan kecil, dengan panjang sekitar tiga sampai dengan lima centimeter. Bentuknya mirip seperti anak ikan mas. Mereka hidup secara bergerombol, karena itu dalam sebuah kolam terapi bisa terdapat ribuan ekor ikan terapi. Jika kita memasukan kaki atau merendam tubuh kita ke dalam kolam, mereka akan segera mengerumuni kita seperti semut. Mereka akan bertahan berkerumun dan menggigiti tubuh kita selama kita merendamnya dalam kolam tersebut. Bahkan tidak jarang beberapa ikan masih menempel di kulit kita saat kita mengangkat kaki kita dari kolam.

Di Cirebon keberadaan ikan terapi saat ini menjadi sebuah perbincangan yang hangat. Khasiat yang dimilikinya selalu menarik orang untuk berkunjung ke tempat-tempat yang menyediakan fasilitas kolam ikan terapi. Ada beberapa tempat yang menyediakan fasilitas tersebut yang selalu ramai di datangi pengunjung, seperti di Desa Cigugur Kuningan, di sentra wisata kuliner ikan kolam Desa Cikalahang Sumber dan dekat Pasar Kramat Kota Cirebon. Tarifnya pun beraneka ragam, ada yang memasang tarif Lima Ribu hingga  Sepuluh Ribu Rupiah perjamnya, bahkan ada yang memasang tarif super murah hanya Dua Ribu Rupiah sampai sepuasnya.  Terapi ikan juga dapat dilakukan secara eksklusif pada dengan suasana yang nyaman di beberapa Health Spa yang terdapat di hotel-hotel, baik di Cirebon maupun di Kuningan.

Populernya ikan terapi menjadikan beberapa warga ingin memilikinya sendiri di rumah, sehingga tidak perlu jauh-jauh ke tempat kolam ikan terapi, yang tentunya cukup memakan waktu dan biaya. Dengan memilikinya sendiri, mereka hanya cukup merendamkan kaki di kolam ikan yang mereka miliki di pelataran rumah. Karena itu keberadaan ikan terapi juga dapat ditemui di sentra penjualan ikan hias, seperti yang terdapat di Pasar Kanoman Cirebon. Di sana ikan terapi di jual seharga Tiga Ratus Lima Puluh Rupiah perekornya, yang tentunya akan lebih murah jika membelinya dalam jumlah banyak. (ysg)

4 comments:

  1. BOS BS MINTA INFO MENGENAI SUPLLIER IKAN TERSEBUT...RENCANA MO NYOBAIN BUKA USAHA TERAPI PIJAT ALA "FISH DOCTOR" CMN TERKENDALA INFO SUPLIIER NEH..MINTA BANTUAN INPOH NYA GAN..THANKS...

    ReplyDelete
  2. Mau minta berapa ribu ekor,nnt sy krm.transpot ditanggung pembeli,bisa minta no kontaknya gan...

    ReplyDelete
  3. Harga ny brp y kl mau beli ikan terapi ny?

    ReplyDelete