Wednesday, April 6, 2011

Membidik Peluang Bisnis Dengan Buku Bekas


Mahalnya harga buku ternyata memberikan peluang bisnis bagi sebagian orang. Mereka adalah orang-orang yang kreatif memanfaatkan kondisi ini untuk menjual buku di pinggiran jalan.

Adalah Pak Hamdani, lelaki berusia 40 tahun ini telah lama menggeluti bisnisnya sebagai pedagang buku di seberang  Masjid Agung Sang Cipta Rasa Kesepuhan. Pria asal Bandung ini telah 8 tahun berjualan buku di sana. Menurut pengakuannya usaha ini adalah usaha milik orang tuanya yang ia lanjutkan. Beragam buku bertemakan agama ia jual di sana, baik baru maupun bekas. Ia tidak memiliki pelanggan tetap tapi ia memiliki pangsa pasar tetap, yaitu para peziarah baik dari dalam maupun luar kota yang berkunjung ke sana. Omzetnya pun cukup lumayan. Dengan profesinya sebagai penjual buku, ia dapat menghidupi keluarganya yang terdiri dari seorang istri dan 3 orang anak.

Di Kota Cirebon sendiri masih sedikit tempat yang menjual buku-buku bekas. Seperti di Jalan Siliwangi, Pasar Gunung Sari maupun di Jalan Bahagia tepatnya di seberang Cirebon Mall. Di sana terdapat penjual buku dan majalah bekas tepat didepan emperan sebuah toko batik. Menurut penjualnya, walaupun di mall tersebut terdapat toko buku besar, namun banyak juga masyarakat yang mencari buku maupun majalah bekas di lapak tersebut.

Untuk memenuhi permintaan pasar, hampir semua buku maupun majalah bekas yang dijual dilapak tersebut di datangkan dari Jakarta. Karena itu koleksi barang dagangannya sangat beragam. Walaupun bekas tapi kualitas kertasnya masih cukup baik, apalagi ditunjang dengan masa terbit yang belum terlalu tua. Karena itu para pembelinya pun datang dari berbagai kalangan yang beragam, mereka ada yang mencari Majalah otomotif, dirgantara, politik maupun majalah-majalah keagamaan.

Menjual buku bekas memiliki daya tarik tersendiri, karena pembelinya bukan saja mereka yang tidak sanggup membeli buku baru, tetapi kebanyakan datang dari para kolektor yang memburu buku-buku maupun majalah lama yang berkualitas namun sudah tidak terbit lagi.

Dapat diakui, Cirebon merupakan kota besar dengan antusiasme masyarakat yang tinggi dalam membaca, namun kebutuhan masyarakat akan buku di kota ini belumlah terpenuhi, jadi berbisnis buku ataupun majalah bekas, masih dapat dijadikan pilihan bagi mereka yang ingin berwiraswasta di Kota Cirebon. (ysg)

2 comments:

  1. Bisnis buku bekas itu menarik, ada gairah tersendiri saat "hunting" buku buku bekas untuk dagangan kita..saya bukan asal bicara tetapi sudah merasakannya ini toko buku bekas online milik saya di www.aksiku.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
      sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
      kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
      Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
      1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
      melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
      dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
      saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
      kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
      penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
      dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
      minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
      buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
      Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
      sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
      Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
      berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
      hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
      saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

      Delete